Rabu, 06 April 2016

Penyuluhan CR 7 aspek




7 Aspek yang harus diterapkan dalam penyuluhan
Assalamualaikumwarahmatullahhiwabarakatu ,, apa kabar ibu-ibu semua ? semoga dalam keadaan sehat semuanya ibu-ibu ya ,Sebelumnya saya Perkenalkan diri saya terdahulu Nama saya  Risa Nurzinah ,Alamat Lampeuneurut ,Asal kampus Jurusan Gizi Poltekkes Aceh Tingkat 2,mungkin itu saja buk perkenalan saya, ada yang ingin ibu tanyakan tentang saya buk,sebelum kita lanjutkan ? , Jadi ibu-ibu sudah kenal dengan saya kan ? Terima kasih buk
Selanjutnya saya akan sampaikan Maksud dan tujuan saya kesini hari ini ,jadi ibu maksud saya kesini berdiri didepan ibu-ibu sekalian adalah untuk melakukan penyuluhan tentang materi ‘Kadarzi’ ibu –ibu,didalam penyuluhan nanti kita akan bicarakan tentang Definisi ,Manfaat ,Indikator kadarzi , Bahaya ,Penyebab ,dan lainnya
Selanjutnya ibu-ibu saya akan membagikan soal Pretest soalnya ada 10 soal ibu-ibu,Cara pengisiannya seperti tertera di atas soal buk ,jadi ,ibu-ibu baca dulu soalnya lalu baru ibu pilih salah satu jawaban  yang menurut ibu paling benar, jawabannya bisa dengan cara ibu beri tanda X(silang) ataupun bulatan, bagaimana ibu-ibu mengerti ?.. Ibu-ibu tidak perlu takut untuk menjawab,  benar  atau  salah tidak apa-apa ibuk, dan untuk waktunya ibu lebih dan kurang 5 menit ibu ya‘’(maju ke depan dan membagikan ke pada ibu-ibu soal tersebut) (menunggu sejenak)   sudah siap ibu-ibu ? (kembali mengambil soal tersebut yang sudah di jawab oleh ibu-ibu). Baik ibu-ibu soalnya akan di ambil oleh kawan saya. Terima kasih ibu-ibu
Baiklah ibu-ibu sekarang saya akan menjelaskan satu persatu masalah kadarzi, yang pertama pengertian kadarzi, (bertanya kepada ibu) apakah ibu-ibu sebelumnya sudah tau apa itu kadarzi (menunggu jawaban dari ibu - ibu) jadi ibu- ibu belum tau ya,,  baiklah pengertian kadarzi yaitu keluarga yang mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggotanya.(tangan menunjukkan ke flipchat)sambil berjalan-jalan (kemudian mengulang satu atau dua kali supaya ibu-ibu akan lebih mengerti dan memahami) (menggunakan nada yang sedikit besar tapi sopan) menurut ibu A apa itu kadarzi, jika ibu bisa menjawab berikan (jempol kepada ibu A),terimakasih ibu,, (dan menunjukkan ibu yang berada di belakang sambil berjalan ke arah ibu tersebut)menurut pendapat ibu  yang di belakang  apa itu kadarzi...? bagus...sebelah kiri, sebelah kanan atau ditengah..{angkat tangan kekiri, ke kanan dan ditengah}.. jadi dari pengertian kadarzi yang perlu kita ingat ada 3 yaitu: mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi dalam anggota keluarga.
( Sedang Menjelaskan Materi )
(Salah seorang Ibu sedang bertanya)
Baiklah ibu-ibu,, dari penjelasan saya yang tadi kita dapat simpulkan bahwa dalam KADARZI ada 3 hal yang penting dan perlu ibu-ibu ketahui,, yang pertama Mengenal,yang kedua. Mencegah,ketiga Mengatasi masalah gizi dalam anggota keluarga kita..
Jadi sebelum saya akhiri saya akan membagikan soal pre-tes 10 soal,, ibu-ibu dapat mengisinya dengan pengetahuan yang ibu-ibu dengar dari penjelasan yang barusan saya sampaikan ke pada ibu-ibu,, waktu ada 5 menit,, untuk menjawabnya sama dengan soal yang tadi saya bagi,  ibu bisa menyilang(x) atau dibulatin yang menurut ibu benar saja (maju ke depan ibu-ibu dan membagikan soal satu persatu).. terimakasih,,
kalau sudah siap  biar kawan saya yang akan mengambil kembali soalnya,,(maju kedepan dan kengambil soal yang sudah di isi),,
(Ibu-Ibu yang mendapat Leafret)
Baiklah ini ada LEAFLET  untuk ibu-ibu ,ibu-ibu bisa menbacanya kembali di rumah dan memberikan informasi kepada tetangga ibu yang mungkin tidak bisa hadir kemari.. dan ibu bisa menerapkan KADARZI dalam kehidupan sehari-hari.. Baiklah ibu-ibu terima kasih atas waktunya hari ini ,saya memohon banyak maaf apabila ada kata yang salah dan keliru,Wabilahitaufik wahidayah wassalamualaikum wa wb




Tidak ada komentar:

Posting Komentar